السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Kami menyediakan jasa Aqiqah murah untuk area Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi. Kami memudahkan Anda yang ingin melaksanakan Aqiqah, Qurban, berbagai acara lainnya. Pembayaran dilakukan setelah pesanan telah sampai/diterima. Harga mulai dari Rp500.000,-. Dapatkan berbagai keistimewaan yang Anda peroleh dari Aqiqah Murah Jabodetabek.

Aqiqah Juga Berlaku Untuk Orang Dewasa


Kata Aqiqah berasal dari kata Al-Aqqu yang berarti memotong (Al-Qoth'u). Al-Ashmu'i berpendapat: Aqiqah asalnya adalah rambut di kepala anak yang baru lahir. Kambing yang dipotong disebut aqiqah karena rambut anak tersebut dipotong ketika kambing itu disembelih. Dalam pelaksanaan aqiqah disunahkan untuk memotong dua ekor kambing yang seimbang untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan.

Dari Ummi Kurz Al-Kabiyyah Ra, ia berkata:
Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang sama, sedangkan bagi anak perempuan satu ekor kambing". (HR. Tirmidzy dan Ahmad)

Pelaksanaan aqiqah menurut kesepakatan para ulama adalah hari ketujuh dari kelahiran. Hal ini berdasarkan hadits Samirah di mana Nabi SAW bersabda:
"Seorang anak terikat dengan aqiqahnya. Ia disembelihkan aqiqah pada hari ketujuh dan diberi nama". (HR. al-Tirmidzi)

Namun demikian, apabila terlewat dan tidak bisa dilaksanakan pada hari ketujuh, ia bisa dilaksanakan pada hari ke-14. Dan jika tidak juga, maka pada hari ke-21 atau kapan saja ia mampu. Imam Malik berkata :
Pada dzohirnya bahwa keterikatannya pada hari ke 7 (tujuh) atas dasar anjuran, maka sekiranya menyembelih pada hari ke 4 (empat) ke 8 (delapan), ke 10 (sepuluh) atau setelahnya Aqiqah itu telah cukup. Karena prinsip ajaran Islam adalah memudahkan bukan menyulitkan sebagaimana firman AllahSWT: "Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu". (QS.Al Baqarah:185)

Saat ini masyarakat sudah mulai menyadari makna Aqiqah bahwa Aqiqah tidak hanya untuk bayi. Banyak orang dewasa yang mengaqikahkah diri mereka sendiri, bahkan ada juga yang mengaqikahkan orang tua mereka. Kebanyakan orang tua mereka dulu belum memahami Islam atau berada dalam kondisi ekonomi yang kurang memungkinkan untuk Aqiqah. Kesadaran ini membuat masyarakat senantiasa berbagi, salah satunya dengan Aqiqah. Karena beberapa orang mungkin menganggap bahwa jika saat berumur 7, 14
atau 21 hari orang tua tidak meng-aqiqah kan maka 'penebusan' diri kita dengan sendirinya terhapus karena sudah melewati masa Aqiqah yang disunnahkan.

Satu ketika al-Maimuni bertanya kepada Imam Ahmad, "ada orang yang belum diaqiqahi apakah ketika besar ia boleh mengaqiqahi dirinya sendiri?" Imam Ahmad menjawab, "Menurutku, jika ia belum diaqiqahi ketika kecil, maka lebih baik melakukannya sendiri saat dewasa. Aku tidak menganggapnya makruh".

(daarut-tauhiid@yahoogroups.com)

2 komentar:

Berbagi Kreativitas mengatakan...

Nice post sahabat.. "Intinya Aqiqah dapat dilakukan ketika siap" yaitu siap dilihat dari segi nominal jika Ada baru dilakukan bukan begitu?

Salam Blogger!

Aplikasi Windows mengatakan...

wow... akikah untuk orang dewasa... mantap... :)

Posting Komentar