السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Kami menyediakan jasa Aqiqah murah untuk area Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi. Kami memudahkan Anda yang ingin melaksanakan Aqiqah, Qurban, berbagai acara lainnya. Pembayaran dilakukan setelah pesanan telah sampai/diterima. Harga mulai dari Rp500.000,-. Dapatkan berbagai keistimewaan yang Anda peroleh dari Aqiqah Murah Jabodetabek.

Tips Memilih Hewan Qurban


Qurban (Bahasa Arab: قربن, transliterasi: Qurban), atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual Qurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah SWT. Ritual Qurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.


foto:Tempointeraktif.com
Terkait dengan akan datangnya  hari raya Idul Adha, maka banyak bermunculan tempat penjualan hewan Qurban. Hal ini tentu akan makin mempermudah  masyarakat untuk membelinya, dan saat ini juga banyak  penyedia jasa penjualan hewan Qurban melalui internet/online. Namun demikian, konsumen harus tetap harus waspada memilih hewan-hewan tersebut.

Direktur Jenderal Bina Masyarakat Islam Nasaruddin Umar memberikan tips memilih hewan kurban. Syarat pertama harus jantan(diutamakan, tidak mutlak), hewan itu harus cukup umur untuk disembelih (untuk kambing minimal sekitar satu tahun). Satu ciri cukup umur bisa dilihat dari gigi yang sudah lengkap. dan juga Jangan juga terlalu tua, karena dagingnya akan terlalu keras untuk di makan.

Syarat lain adalah hewan itu harus bebas dari penyakit dan cacat, seperti berjalan pincang atau demam (agar tidak menularkan penyakit). Sumbing atau kuping yang cacat, termasuk dalam kategori ini. Namun terdapat pengecualian untuk tanduk yang patah, karena tanduk seperti kuku, bisa tumbuh lagi.

Untuk mengetahui apakah kambing, sapi atau kerbau yang akan dijadikan hewan kurban sehat dan baik sebetulnya  tidaklah sulit. Ciri kambing yang baik untuk Qurban  bisa dilihat dari:
-matanya yang bersih dan bersinar tidak belekan.
-bulu bersih dan mengkilat serta tidak skabies (Scabies adalah penyakit kulit    yang disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei).
-kotoran tidak mencret.
-kedua tanduk utuh, gigi susu harus sudah tanggal (kupa) dan berumur minimal satu tahun.
-Dari segi postur harus trengginas, lincah dan tidak tiduran terus atau meringkuk.

Sedangkan untuk ciri sapi sehat yang baik untuk dijadikan hewan Qurbah adalah:
- Kulit harus bersih.
- Moncong selalu basah.
- Mata bersih dan bersinar.
- Kotoran tidak terlalu cair serta gigi bagus.
- Bulu jangan terlalu njabrik (berdiri), itu menandakan sedang sakit.

Di samping itu juga konsumen jangan takut untuk menanyakan surat izin karena semua pedagang hewan kurban harus punya surat izin dari Sudin Peternakan dan Perikanan setempat. Biasanya hewan Qurban yang akan dipasarkan ke berbagai tempat termasuk Jakarta  telah divaksinasi virus antrax.

Nah.. bila Anda tertarik untuk membeli hewan Qurban secara online, Anda juga dapat membelinya di Aqiqah Murah Jabodetabek. Hewan Qurban yang kami jual telah memenuhi persyaratan, sehingga hewan Qurban yang kami jual dalam keadaan baik dan sehat. Anda tertarik klik di sini untuk melihat daftar harga hewan Qurban.

(id.wikipedia.org, tempointeraktif.com, poskota.co.id)

14 komentar:

dexamaker.blogspot.com mengatakan...

thx 4 share... bisa dijadikan acuan nih untuk memilih hewan kurban :)

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

terima-kasih sahabat Tipsnya sangat bermanfaat dan banyk membantu. Salam

Share With Irfan mengatakan...

Tips yang bagus nih..tapi kayaknya tahun ini belum bisa ikutan qurban mas, paling banter bisanya cuma qurban perasaan aja nih he he..rezekinya belum ada sih

The Great Mbah Dukun mengatakan...

semoga ane bisa berkorban tahun ini. amien

ohya tentang definisi sindrome adalah himpunan gejala atau tanda yg terjadi serentak (muncul bersama-sama) dan menandai ketidaknormalan tertentu; hal-hal (spt emosi atau tindakan) yg biasanya secara bersama-sama membentuk pola yg dapat diidentifikasi

My Good Life Blog mengatakan...

Just learned something from Islam rituals. Thanks for the information.

kidzgrowfast mengatakan...

Thank you for the comment. I like your very informative blog. Keep on posting.

pojok pulsa mengatakan...

info yang sangat bermanfaat...

souvenir tasbih cantik mengatakan...

wah pas banget bentar lagi hari raya Qurban, infonya pasti bermafaat,
moga laris dagangannya ya sob... amin

Henny Fadilla Ajram mengatakan...

Maaf maw tanya,
Ciri2 Penyakit Scabies itu kira2 seperti apa yach..??'mkch sblmnya.. :)

_____________________________________________
http://midikaraoke-hennyfadilla.blogspot.com/

wongcrewchild mengatakan...

tips brmanfaat, bisa buat antisipasi klo beli hewan kurban

abusyafath mengatakan...

info yang begini yg dicari cari..dan langka..mangtabf..

BlogS of Hariyanto mengatakan...

tips yang sangat bermanfaat, terutama saat perayaan Idul Adha, agar hewan yang di-qurban-kan terjaga kesehatannya dan aman dikonsumsi bagi penerima daging qurban, dan amal ibadah saat ber-qurban diterima Allah SWT :)

Aplikasi Windows mengatakan...

mantap.. ayo kita berkurban.. :)

ellantique mengatakan...

aqiqah kalo anak laki kenapa mesti dua ekor y??

Posting Komentar